ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) GAMES

 

 
Berbicara mengenai Artificial Intelligence atau bisa disebut kecerdasan buatan itu sangatlah banyak dalam bidang teknologi, banyak teknologi yang menggunakan AI salah satunya yang biasa kita temui dibeberapa brand Laptop atau dikalangan Smartphone kelas atas, seperti fitur membuka LockScreen dengan menggunakan pendeteksi wajah pemilik perangkat tersebut. Fitur tersebut termasuk dalam sebuah Kecerdasan Buatan yang ditanamkan pada perangkat tersebut, yang akan merespon dengan kepintarannya. Biasanya cara yang dilakukan untuk membuat sebuah alat yang memiliki kepintaran, programer atau developer akan menanamkan perintah-perintah yang disimpan ke memori perangkat tersebut. Sehingga ketika perintah cocok maka akan berjalan secara automatic seolah-olah perangkat tersebut memiliki otak layaknya manusia.
 
Nah sekarang yang akan kita bahas adalah bukan mengenai suatu alat-alat yang memiliki kecerdasan buatan, tapi kita akan membahas mengenai AI pada Game.
 
Apasih kecerdasan buatan pada games itu?
 
Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer dimungkinkan untuk dapat berfikir. 
 
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
  1.   Penglihatan (vision)
  2.   Suara (voice), ucapan (speech)
  3.   Gerakan anggota badan ( gesture)
Contoh game yang dapat dijadikan contoh adalah game Tacman, game ini sama dengan Pacman namun yang berbeda hanya terletak pada controlingnya saja, yaitu dengan memberikan titik tujuan kemana dia akan berjalan layaknya bermain catur. Adapun konsep permainan yang di terapkan dalam permainan ini adalah, pemain yang mengontrol Tacman harus melalu jalur berliku yang sudah tersedia menuju jalur hijau yang dipilih sambil memakan titik titik untuk menambah skor. Pemain yang mengntrol Tacman juga diharapkan dapat mengarahkan Tacman menuju titik besar berwarna kuning (harus melalu jalur berliku yang sudah tersedia menuju jalur hijau yang dipilih tadi) untuk membuat hantu berwarna biru dan dapan dimakan oleh Tacman untuk menambah skor menjadi lebih besar lagi. Saat hantu berwarna – warni Tacman diharapkan untuk menjauh dari jalur (harus melalu jalur berliku yang sudah tersedia menuju jalur hijau yang dipilih) untuk menghindari dimakan oleh Hantu yang dapat mengurawi nyawa yang tersedia. Tacman dapat meminta bantuan yang tersedia yaitu tiga bintang untuk memperpanjang dan mempercepat menuju jalur hijau, 3 bintang biru untuk membuat hantu membeku sesaat saat Tacman berjalan.
 

 
Dengan adanya AI pada game maka kita dapat bermain game tersebut walaupun kita sedang tidak bermain dengan teman-teman kita. Sebagai contoh kita dapat bermain Counter Strike dimana yang menjadi musuh kita merupakan Bot (komputer) yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Dia dapat menemukan pemain lalu menyerangnya. Dengan semakin cerdasnya musuh (komputer) maka pembuatan AI mungkin akan semakin sulit.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH EVOLUSI KOMPUTER GENERASI PERTAMA HINGGA GENERASI KELIMA

LAPISAN MASYARAKAT (STRATIFIKASI SOSIAL)

PENGERTIAN, PENYEBAB, DAMPAK & CARA MENANGGULANGI BANJIR