KOMPUTASI MODERN

KOMPUTASI




Definisi
Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Konsep Komputasi Modern
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Contoh penerapan komputasi

1. Dibidang Fisika
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa komputasi modern adalah kegiatan penghitungan suatu kasus melalui perangkat digital elektronik. Hal ini sangat dekat sekali dan tepat sekali untuk diterapkan dalam kegiatan fisika, seperti, menghitung getaran gempa bumi, ketinggian, derajat, dan lokasi. semua itu dapat dikomputasikan melalui komputer dengan beberapa aplikasi pendukung didalamnya.

2. Dibidang Kimia
Selain fisika, bidang kimia pun juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan komputasi modern. Salah satu contohnya adalah, dibidang kedokteran dan kesehatan, seperti :
- CT Scan

  Teknologi informasi diterapkan pada peralatan medis missal CT Scan (Computer    
  Tomography). CT Scan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam tubuh        
  seseorang tanpa harus dilakukan pembedahan.

- Biosensor

  Penggunaan Biosensor. Biosensor merupakan suatu alat Instrumen elektronik yang 
  bekerja untuk mendektesi sample biokimia. Contoh paling sederhana adalah alat uji 
  diabetes.

3. Matematika
Tentu pada bidang matematika ini suatu kegiatan komputasi pasti selalu terkait didalamnya, salah satu contohnya adalah melakukan perhitungan pada kalkulator, perhitungan data-data pada Microsoft Excel, dll.


4. Ekonomi
Pada kegiatan ekonomi, hal ini tentu diperlukan dalam menghitung, nominal uang seperti pada alat yang terdapat pada Bank (Money Counter Machine), penghitungan data keuangan perusahaan, pada Microsoft Excel, dll.

5. Geologi
Komputasi sebagai alat utama dalam melakukan aktivitas pengolahan dan visualisasi data geologi, baik dari penyimpanan, pengolahan dan penggunaan ulang suatu data. Dalam dunia kartogra (khusus peta geologi) peta digital menjadi peta standard dalam penyimpanan data, karena tidak membutuhkan biaya yang besar untuk menyimpan dan mengelolanya. Di samping itu akan membutuhkan waktu ekstra jika disimpan dalam format hardcopy, dalam hal ini salah satu contohnya adalah, pembuatan peta pada Google Maps.

Pada proses pengolahan data, komputer memberikan jaminan akurasi dan kecepatan. Tidak dibutuhkan waktu berhari-hari untuk menggambar suatu peta atau mengolah suatu data. Kesalahan rambatan (propagation error) atau kesalahan akibat manusia (human error) dapat dikurangi atau dihindari.

6. Geografi
Implementasi komputasi modern di bidang geografi diterapkan pada GIS (Geographic Information System) yang merupakan sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya dalam sebuah database. Pada praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.

Kesimpulan
Kebutuhan komputasi / perhitungan didunia ini sangatlah besar, semakin berkembangnya zaman, tentu menuntut proses komputasi yang flexibel, mudah, dan cepat. Karena itu munculah istilah komputasi modern, yang segala sesuatunya dilakukan oleh komputer / alat-alat digital elektronik.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
https://faris6593.blogspot.co.id/2015/04/softskill-pengertian-komputasi-modern-dan-jenisnya.html
http://nunuu17.blogspot.co.id/2016/03/pengertian-dan-penerapan-komputasi.html
https://armandahasan.wordpress.com/2016/06/27/penerapan-komputasi-modern-di-bidang-kesehatan-kimia-dan-biologi/
http://naturaladli.blogspot.com/2016/03/implementasi-komputasi-pada-bidang_12.html
https://indraspamungkas.wordpress.com/2015/06/17/penerapan-komputasi-modern-di-bidang-geografi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH EVOLUSI KOMPUTER GENERASI PERTAMA HINGGA GENERASI KELIMA

LAPISAN MASYARAKAT (STRATIFIKASI SOSIAL)

PENGERTIAN, PENYEBAB, DAMPAK & CARA MENANGGULANGI BANJIR