ARTIFICIAL INTELLIGENCE



Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang memanfaatkan pengembangan AI saat ini :
1.      S Health dan Galaxy Fit
Samsung baru saja memperbarui fitur S-Health yang sudah dirintis Samsung sejak Galaxy S4. Dengan fitur S-Health ini, pengguna dapat memantau kesehatan mereka serta memberikan rekomendasi untuk menjaga kesehatan. Untuk melengkapi fitur kesehatan ini, Samsung menghubungkan aplikasi yang ada pada Samsung Galaxy S4 dan S5 dengan Galaxy Fit yang berbentuk jam tangan.
Perangkat Samsung Galaxy Fit berhasil membantu mengukur denyut jantung dan tekanan darah pengguna. Hasilnya dikirimkan ke aplikasi S-Health yang berada pada Samsung Galaxy S5. Aplikasi ini memberikan rekomendasi aktivitas yang harus dilakukan pengguna. Bahkan aplikasi ini juga memperhitungkan jumlah kalori yang diperlukan agar pengguna dapat menjaga kesehatannya.
Salah satu keistimewaan kedua perangkat ini adalah kemampuan tahan air dan debu miliknya yang menjadikan perangkat ini bahkan enak dibawa melakukan aktivitas mendayung kano serta olah raga outdoor.
Saat tidur, Galaxy Fit juga dapat memberikan rekomendasi mengenai denyut jantung saat tidur yang menjadikan pengguna dapat membuat rencana aktivitas apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatannya.
Kesimpulan dari review S-Health ini adalah bahwa aplikasi ini memang sangat mendukung untuk menjaga kesehatan pengguna. Namun semua itu tidak ada artinya bila pengguna sendiri tidak mau berusaha melakukan aktivitas olahraga yang menunjang agar tubuh mereka selalu fit.

2.      Google Maps
Bertamasya atau sekedar berpergian merupakan sarana pelepas penat yang banyak menjadi pilihan warga urban saat ini. Melihat banyak tempat menarik, bertemu orang baru hingga menikmati kuliner setempat menjadi bumbu penarik minta para travelers. Nah bagi kalian yang memang memiliki jiwa petualangan atau mungkin mempunyai kegiatan yang mengharuskan menjelajah banyak tempat baru, nampaknya harus mempersenjatai gadget android dengan aplikasi yang amat penting yakni #aplikasi peta navigasi.
Dengan aplikasi peta navigasi kita bisa mendapatkan gambaran mengenai jalan atau rute yang akan kita tempuh nanti. Terlebih saat ini sudah banyak pengembang aplikasi navigasi yang menyuntikkan beragam fitur canggih untuk semakin mempermudah perjalan kita. Dan kali ini Maxmanroe juga akan membagikan review salah satu aplikasi peta navigasi yang sudah tak asing lagi yakni #Google Maps. Ingin tahu selengkapnya? Berikut ulasannya.

Google Maps – In general
Seperti kita ketahui bersama Google Maps merupakan layanan peta online yang diusung oleh perusahaan mesin pencari Google Inc. Dan setelah gadget #Android makin bersinar, layanan Google Maps pun mulai diadaptasi kedalam sistem operasi android. Lalu bagaimanakah aplikasi tersebut bisa membantu mempermudah perjalanan kita?

Selain fitur standart sebagai peta online, nyatanya aplikasi Google Maps masih menyimpan segudang fitur menarik dan tentunya bermanfaat. Seperti diantaranya adalah fitur penunjuk arah dan rute alternative. Bagi para road traveler, mengetahui dengan pasti kondisi jalan merupakan hal yang wajib dikuasai. Terlebih jika mendapatkan kondisi yang jalan yang tidak memungkinkan seperti jalan ditutup hingga macet, kita harus cakap mencari rute alternative yang bisa diambil agar perjalan dapat dilanjutkan.
Nah dengan bantuan aplikasi Google Maps kita dapat melakukan hal tersebut dengan cukup mudah. Bahkan dari sisi tampilan visual kita tak hanya disuguhi tampilan datar dari sisi atas peta namun juga terdapat pilihan tampilan 3D yang semakin mempermudah kita tentunya.
Saat ini pengembangan aplikasi ini telah memasuki versi Google Maps 9.0.0, di dalamnya terdapat beberapa pembaruan serta perbaikan sistem yang dirangkum dalam installer apk seberat 13 MB. Untuk mendapatkannya kita dapat mengunduh secara gratis karena aplikasi ini dirilis sebagai aplikasi freeware oleh pihak Google.

Fitur Aplikasi Google Maps 9.0.0
Beberapa fitur powerfull yang ditawarkan Google Maps Android diantaranya:
a.      Peta offline, dengan fitur ini kita bisa menyimpan peta suatu daerah untuk kemudian diakses secara offline.
b.      Rute Guide, fitur ini akan menampilkan alternatif rute menuju suatu tempat dengan tampilan GPS.
c.       Menampilkan berbagai tempat fasilitas umum seperti restoran, hotel, rumah sakit dan lain-lain secara real time.
d.      Peta 3D, fitur ini memungkinkan kita untuk mengamati peta yang di visualisasikan secara 3 dimensi sehingga nampak lebih realistis, dll.
Menjelajah wilayah baru kini sudah bukan menjadi masalah lain. Tanpa harus takut tersesat, berbekal aplikasi Google Maps kita bisa berpergian dengan lebih nyaman.
3.      Voice Search (Siri, Google Now, Cortana)

a.      Siri
siri-iphone-4s

Diperkenalkan pertama kali sebagai aplikasi iOS yang tersedia di toko aplikasi Apple atau App Store, Siri sejatinya adalah buah karya sebuah perusahaan bernama Siri,Inc yang kemudian diakuisisi oleh Apple pada April 2010. Bersamaan dengan itu, rencana awal Siri, Inc untuk menyediakan aplikasi ini pada sistem operasi lain, seperti BlackBerry dan Android pun, batal. Siri resmi dipinang Steve Jobs dan menjadi bagian integral dari Apple.
Siri sendiri merupakan asisten pribadi cerdas yang bekerja sebagai aplikasi untuk iOS (Apple), yang memungkinkan Anda menggunakan suara untuk mengirim pesan, mengatur pertemuan, melakukan panggilan telepon, menemukan kantor dan mendapatkan petunjuk arah, mencari di web, memutar lagu yang Anda suka dan banyak lagi.
Apple bahkan mengklaim bahwa perangkat lunak besutannya ini akan bisa menyesuaikan dengan preferensi individu penggunanya dari waktu ke watu dan mempersonalisasikan hasilnya. Di samping tentunya, melakukan tugas-tugas seperti yang telah disebutkan di atas. Yang harus Anda lakukan hanyalah berbicara sesuai gaya Anda, maka Siri yang pintar ini pun sudah akan langsung memahaminya; mengerti apa yang Anda katakan, mengetahui apa yang maksudkan, dan bahkan, membalas dengan perkataan. Hmm… terdengar seperti asisten Anda saat ini, bukan? Bedanya, Siri tidak memakai kacamata, apalagi high heels.
Siri bekerja pada hampir semua aplikasi yang terpasang, seperti telepon, FaceTime, Dikte, musik, email, cuaca, saham, Facebook, dan lain-lain. Dan Siri cukup pintar untuk menentukan aplikasi mana yang akan digunakan untuk menjawab Anda. Tak hanya itu, Siri juga menggunakan Layanan Pencarian dan Lokasi untuk membantu memenuhi permintaan Anda.
Tapi, apakah itu berarti Siri – yang hadir dengan dukungan empat bahasa; Inggris, Jerman, Jepang dan Perancis ini hanya bekerja dengan aplikasi bawaan Apple? Sebuah kabar mengatakan, bahwa bersamaan dengan akan segera hadirnya iOS 8 dan iWatch, Apple berencana untuk meningkatkan kemampuan Siri agar pintar menangani aplikasi pihak ketiga sebaik dia melakukannya dengan aplikasi bawaan iOS.
Kemampuan Siri untuk mendukung aplikasi pihak ketiga ini bisa jadi merupakan salah satu rencana Apple untuk mempersempit persaingan dengan Google dan Microsoft, yang saat ini juga telah hadir dengan asisten virtual-nya yang tak kalah pintar, yakni Google Now dan Cortana.



 b.      Google Now
Google-Now
Hadir tidak lama setelah kemunculan Siri, Google Now sejatinya merupakan fitur baru untuk Android yang resmi dari Google, dan berfungsi sebagai asisten pribadi yang dapat diperintah melalui suara. Google Now – terintegrasi dengan mesin pencarian Google, diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, serta mempelajari dan mengumpulkan informasi untuk penggunanya, seperti menggunakan sejarah pencarian dari browser, kalender, dan lokasi pengguna. Caranya, dengan mengatur kartu – disebut Google Now Card, yang disediakan oleh Google.
Sama seperti Siri, yang hadir dengan sejumlah keahlian layaknya seorang asisten sungguhan, asisten virtual Google yang dapat Anda temukan pada Android versi Jelly Bean ke atas ini juga memiliki sejumlah kegunaan, di antaranya melaporkan cuaca, sebagai pengingat perjalanan, pengingat ulang tahun, review restoran dan tempat-tempat menarik lainnya, dan banyak lagi.
Tak hanya itu, bagi Anda yang terlalu sibuk, hingga akhirnya sering lupa membayar tagihan – kartu kredit, listrik, telepon, dan lain-lain, Google Now bahkan telah menambahkan fitur baru untuk mengingatkan Anda agar segera melunasi tagihan yang jatuh tempo. Usut punya usut, fitur ini bahkan akan langsung memberikan Anda akses ke situs perusahaan penagih. Dan menampilkan dengan detail, baik itu sisa saldo yang dimiliki, ataupun jumlah tagihan. Wow…
Saat ini, Google Now yang telah tersedia untuk perangkat iOS sejak April 2013 lalu ini juga telah bisa dinikmati oleh para pengguna browser Chrome untuk desktop yang meliputi sustem operasi Windows dan Mac OS X.
Tak ubahnya versi mobile, di sini Google Now juga memungkinkan Anda mengakses informasi penting dengan cepat, entah itu terkait informasi cuaca, pengingat acara, review restoran dan lain-lain. Untuk memudahkan, Google bahkan memungkinkan Anda sync langsung dengan perangkat mobile lain yang terhubung dengan akun Google yang sama.
c.       Cortana
cortana-windows-phone-theverge-5_1020
Bagi Anda penggemar game Halo, mungkin tidak akan asing lagi dengan nama ini. Ya, Cortana adalah sebuah karakter dalam seri permainan menembakeksklusif milik Xbox yang juga menjadi nama dari asisten virtual besutan Microsoft.
Secara garis besar, Cortana tak ubahnya Siri ataupun Googke Now, memungkinkan Anda menerima masukan dan informasi tentang cuaca, bursa saham, arah jalan, jadwal pertemuan dan banyak lagi berdasarkan data lokasi dan detail lain. Sebuah fitur bernama do-not-disturb, yang juga dimiliki Siri ada di sini, dan berfungsi untuk memilih mana kontak terpenting untuk Anda dan mana yang bisa menunggu di lain kesempatan. Sementara itu, kenyataan bahwa Cortana juga bisa diakses melalui PC (dan Xbox One), sedikit banyak membuatnya serupa dengan asisten virtual besutan Google.
Namun demikian, Cortana tak seperti Siri ataupun Google Now yang lebih ‘robot’, Microsoft mendesain asisten virtualnya ini agar lebih humanis. Salah satunya, dengan menghadirkan suara yang lebih menyerupai suara manusia.
Salah satu update terbaru bahkan enyebutkan bahwa Cortana bisa melucu atau melawak. Caranya, dengan memberikan jawaban-jawaban konyol untuk beberapa pertanyaan yang Anda ajukan. Sebagai contoh, ‘tertawa adalah obat yang paling mujarab’ dan jawaban unik lainnya.
Keunggulan lain yang ditawarkan oleh asisten virtual Microsoft yang dapat Anda temukan pada Windows Phone 8.1 ini juga dilengkapi dengan kemampuan Notebook, yang memungkinkannya mengakses seluruh informasi seperti data lokasi, memilih kepribadian yang tepat, mengingatkan penggunanya, mengakses info pribadi dan info kontak. Dan mengingat ini kaitannya adalah dengan ‘privasi’, Microsoft pun berjanji bahwa walaupun Cortana bisa mengaksesnya, namun ia tidak akan menyimpannya dalam Notebook tanpa seizin Anda. Nice..

4.      Online Shop (OLX)
Siapa sih yang nggak kenal Tokobagus? Mulai tanggal 20 Mei 2014 kemarin nama Tokobagus berubah menjadi OLX Indonesia. OLX Indonesia adalah sebuah situs web iklan baris atau yang kerap disebut online classified di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Karena OLX merupakan online classified, transaksi penjualan dilakukan langsung antara penjual dan pembeli.
logo-OLX.co_.id_
 
Kini kamu tidak perlu ribet untuk melakukan pencarian barang di OLX karena sekarang sudah ada aplikasi OLX di Play Store. Sebenarnya aplikasinya sudah ada sejak lama karena sebelumnya bernama Tokobagus dan beberapa saat yang lalu, aplikasi Tokobagus sudah berubah menjadi OLX dengan tampilan yang baru.
Screenshot_2015-06-09-07-55-31
Ini adalah tampilan awal dari aplikasi OLX. Kamu diberikan banyak pilihan kategori barang. Tinggal pilih kategori sesuai dengan barang yang ingin kamu cari. Atau jika ingin lebih praktis, tinggal cari saja barang yang ingin kamu beli dengan menekan tombol search yang ada di bagian pojok kanan layar (gambar kaca pembesar). Untuk lokasi iklan barang yang dijual pun sudah sesuai dengan posisimu saat itu juga.

Screenshot_2015-06-09-07-55-37
Disini saya masuk ke kategori “Mobil”. Nah, didalam kategori mobil ini kamu diberikan sub kategori tentang mobil seperti Mobil Bekas, Aksesoris, Audio Mobil, Sparepart, Velg dan Ban.
Screenshot_2015-06-09-07-56-08
Nah ini adalah tampilan saat kamu memasuki salah satu sub kategori dari sebuah kategori barang di OLX. Terlihat designnya sangat rapih dan simpel. Untuk gambar di atas tertampil seluruh mobil yang dijual di OLX dengan merk yang bermacam-macam. Jadi jika ingin lebih spesifik pencariannya lebih baik melalui search bar aja atau bisa dengan menekan tombol filter.
Screenshot_2015-06-09-07-56-37
Dalam filter, kamu bisa mengganti kota dimana barang yang kamu cari itu dijual. Kemudian mengganti kategori dan menentukan range harga barang yang kamu cari. Jadi kamu bisa lebih spesifik membeli barang yang kamu cari sesuai budget yang kamu punya.
Screenshot_2015-06-09-07-56-57
Untuk pemasangan iklan, foto maksimal yang bisa kamu masukkan adalah 8 foto. Pemasangan iklan di aplikasi ini sangat mudah dan simpel. Serius, gampang dan cepet deh. Menurut saya pribadi sih aplikasi ini UX nya lebih enak daripada aplikasi OLX yang sebelumnya. Aplikasi ini enteng, kemudian UI nya juga gak neko-neko, fiturnya standar aja tidak seperti tokopedia yang fiturnya sangat lengkap. Mungkin karena ini online classified,  OLX mendorong usernya untuk saling bertemu atau sering kita sebut dengan COD (Cash on Delivery), sekaligus memperluas jaringan pertemanan maupun bisnis.

5.      Wikipedia
Jika kita akan mencari berbagai hal di internet, maka mesin pencari yang akan digunakan adalah Google. Lalu, bagaimana jika kita ingin mencari hal yang khusus, untuk hal-hal yang berbau pengetahuan misalnya? Wikipedia, adalah yang akan kita tuju, dimana ini adalah tempat berbagai macam ilmu pengetahuan. Sebagai pengguna Android, sulit untuk mendapatkan satu aplikasi yang benar-benar memberikan kita pengetahuan secara umum, layaknya Wikipedia pada dunia internet. Namun, untungnya sekarang Wikipedia telah hadir untuk Android. Tentunya ini adalah sesuatu yang menjanjikan, dimana kita akan dimudahkan dalam mendapatkan berbagai pengetahuan melalui perangkat Android yang kita miliki. Wikipedia untuk Android, sesuai dengan namanya, akan memberikan Anda sajian pengetahuan umum. Apa saja manfaat yang bisa Anda ambil dari Wikipedia Android ini?



Wikipedia Untuk Android
Wikipedia Android ini masih dalam versi Beta. Oleh karena itu, Anda masih bisa menemukan beberapa bugs dan kelemahan didalamnya. Namun, tetap saja ini adalah Wikipedia. Anda akan mendapatkan tampilan layaknya Wikipedia pada internet. Wikipedia Android ini memberikan sisi modern pada desainnya, terinspirasi dari tampilan dasar Android. Namun, Wikipedia Android tetap memberikan bumbu desain dari Wikipedia versi web yang biasa Anda lihat.

Cara Menggunakan Wikipedia
Saat Anda membuka aplikasi Wikipedia Android ini, Anda dapat melihat search bar di bagian atas dengan fitur auto update dimana akan dengan cepat mencari apa yang Anda inginkan. Pada area search bar, Anda juga akan menemukan menu yang akan membawa Anda untuk mengganti bahasa yang Anda gunakan, dan memberikan Anda opsi untuk mem-bookmark dan membagi laman yang sedang Anda buka. Seperti halnya pada web, Wikipedia Android ini menyediakan Anda fitur artikel favorit setiap harinya, dimana ini adalah cara terbaik untuk menambah pengetahuan setiap harinya melalui Wikipedia. Fitur ini diikuti dengan berita yang bisa Anda baca.



Mengakses Fitur
Anda dapat melakukan swipe dari kiri pada Wikipedia Android untuk mengakses menu bar baru, dimana Anda dapat melakukan sign in menggunakan akun Wikipedia dan mengakses history serta bookmark yang telah Anda simpan. Ada juga tombol Random untuk mencari artikel secara acak pada Wikiopedia Android, jadi Anda dapat mengembangkan pengetahuan Anda tentang hal apapun.
Entah bagaimana bentuk pencarian Wikipedia Anda, setelah Anda mendapatkan artikel yang Anda inginkan pada Wikipedia Android, Anda dapat melihatnya dalam mode mobile view. Artikel juga datang dengan quick access pada search bar. Tap pada area tersebut, dan Anda akan mendapatkan daftar artikel secara penuh, membuat navigasi Anda pada artikel menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Secara keseluruhan, ketika Anda menggunakan Wikipedia Android, Anda akan mendapatkan cara penggunaan yang halus, dari mulai pencarian hingga Anda membaca hasil pencarian Anda. Wikipedia Android merupakan aplikasi Wikipedia yang sebenarnya untuik Android, jadi semua informasi dapat Anda dapatkan secara cepat dan teratur. Memang secara keseluruhan Wikipedia Android memberikan kemudahan kepada para penggunanya. Namun, ini adalah versi Beta, jadi Wikipedia Android masih memiliki beberapa kekurangan, sehingga pada beberapa kesempatan Anda masih bisa merasakan ketidakstabilan dan sedikit kinerja yang lambat.
Meskipun versi Beta, Wikipedia Android tetap memberikan manfaat bagi para penggunanya. Anda akan mendapatkan informasi yang cepat. Melalu search bar, Anda bisa mencari info yang Anda butuhkan. Setiap harinya, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan baru yang akan menambah wawasan Anda. Jadi, tidak ada ruginya men-download aplikasi Wikipedia Android bukan? Karena pengetahuan Anda juga akan bertambah.

Kesimpulan :
Seperti yang sudah kita ketahui dipembahasan diatas apa arti dari AI (Artificial Intelligence) yaitu, Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Pada 5 aplikasi diatas yang sudah dijelaskan tidak lain adalah bentuk nyata dari sebuah AI kedalam bentuk software atau aplikasi, yang jika saya rangkum kelimanya adalah :
1.      S Health dan Galaxy Fit
Adalah aplikasi dan gadget ini untuk mengukur tingkat kesehatan tubuh manusia atau user, dimana S health akan memperhitungkan jumlah kalori yang sudah terbakar, melalui berbagai aktifitas sebelum aplikasi itu digunakan, dan pada saat beraktifitas olah raga seperti berlari, maka Galaxy Fit akan menghitung jumlah langkah anda dengan menyimpannya di S Health dan diperhitungkan di S Health, hal itu dapat terjadi karena perangkat antara Smartphone dan Galaxy Fit ini saling terhubung. Didalam S Health juga terdapat feature Hearth Rate, yaitu dengan memanfaatkan sensor perangkat, maka user hanya tinggal meletakan jari telunjuknya ke sensor tersebut, maka sistem akan membaca keadaan denyut jantung user, apakah normal atau tidak. Dari semua yang dapat dilakukan antara keduanya, adalah tidak lain untuk menyampaikan kepada user bahwa mereka harus tetap menjaga pola hidup sehatnya setiap hari. Jadi aplikasi atau feature ini sangat berguna untuk lebih tahu kondisi dan pola hidup sehat setiap saat.

2.      Google Maps
Pada dasarnya aplikasi ini diciptakan untuk mengetahui rute lokasi yang akan dituju, namun seiring berkembangnya jaman dan tuntutan user, aplikasi ini terus dikembangkan sehingga terdapat feature pelengkapnya seperti :
a.      Memilih dengan cara apa kita pergi ? Misal : Jalan Kaki, Transportasi Umum, atau Kendaraan Pribadi (Mobil) untuk mendapatkan rute terbaik sesuai kondisi tersebut.
b.      Tersedia Peta dengan gaya 3D yang lebih realistis, memudahkan pemahaman pengguna.
c.       Dapat mengetahui hal-hal apa saja yang kita lakukan untuk sampai ketujuan, seperti menaiki angkutan umum yang sudah diketahui tujuannya, dll.
Jadi aplikasi ini tidak hanya untuk mengetahui rute, namun juga sebagai petunjuk transportasi kendaraan yang digunakan.

3.      Voice Search (Siri, Google Now, Cortana)
Ketiga Aplikasi asisten ini adalah, buatan dari 3 raksasa perusahaan teknologi, dimana masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, tergantung penilaian masing-masing user, jika saya sendiri adalah saya memilih CORTANA dari Microsoft, karena CORTANA tidak hanya terlihat simple dan modern, namun dia juga dapat menjadi seperti layaknya manusia, jika kita mengatakan beberapa hal kepadanya, maka secara cepat CORTANA akan segera merespon kata-kata kita seolah-olah sedang berbicara dengan manusia. Jadi ketiga aplikasi asisten ini dapat membantu kita dalam melakukan pekerjaan pada Smartphone kita.
4.      Online Shop (OLX)
Seperti yang kita ketahui dulunya OLX adalah Toko Bagus, namun hanya berganti nama saja, dan sekarang mereka pun sudah membuat aplikasi untuk memudahkan user dalam melakukan penjualan maupun pembelian. Aplikasi ini adalah aplikasi penengah atau media antara pedagang dengan pembeli dimana aplikasi ini membantu pedagang menyiarkan barang dagangannya keseluruh wilayah secara online, dan juga membantu pembeli untuk melihat dan mengetahui barang-barang yang akan dicari diseluruh wilayah khususnya hanya di Indonesia.

5.      Wikipedia
Adalah sebuah aplikasi Encyclopedia Gratis, untuk pengguna diseluruh dunia, Wikipedia tidak hanya memberikan informasi dari perusahaannya sendiri, namun disini user juga dapat berbagi informasi kepada user lain namun dengan syarat, informasi yang akan dipostingkan di Wikipedia tidak mengandung hal yang merugikan pengguna lain diseluruh dunia, seperti unsur sara, pornografi, penghinaan, dll. Hanya dikususkan untuk pengetahuan saja. Dengan hadirnya aplikasi ini pada Smartphone maka mempermudah user dalam mengaksesnya.
Sumber :
Sekian Kesimpulan dari saya, jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tersedia kolom komentar dibawah ini :D






Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH EVOLUSI KOMPUTER GENERASI PERTAMA HINGGA GENERASI KELIMA

LAPISAN MASYARAKAT (STRATIFIKASI SOSIAL)

PENGERTIAN, PENYEBAB, DAMPAK & CARA MENANGGULANGI BANJIR