ARSITEKTUR WEB


Saya akan membahas mengenai Arsitektur Web.

Apakah blog seperti ini bisa dibilang Web? kalo menurut saya tetap Web karena semua yang ada di internet bisa dibilang adalah website bagaimana pun bentuknya.
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang melibatkan kriteria teknis, estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus untuk konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi arsitektur dan desain web. 


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisK6NtjeaGo1Rupq6XQxlxqy4uosWvzcS9Nuuk8adSLyzETQxgTmdMJH-bati53nqOWnU9drelayY2amqv-W8Mvr1nRjYueEKXNMgQWBgUt20wquc684XBCmSp3XGOfvPcK8kgoNiKA6w/s1600/bangan+arsitektur+web.PNG





Dan ini adalah beberapa bagian dari Arsitektur itu sendiri

 Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZlaVZzTtXiq7AkU7jSU-c3vKI1IHs31pGibYgkf1ywV8pZ4X7-KgEEaBotDfZDnphQ07RvgBW5lIEn8UEr4RjXTkMeV3F3z3avOxHZWopBr92TfWFHaj5WlOAqweUlI94VXxy2oGt_70/s1600/http.jpg

        HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1. 

 Hypertext Markup Language (HTML)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTrhn8uIwD868SKGrQRsHi05_7F5Uzja3f9rqJb34gR0dxoA5BRcWLS8nOVzv_CjN1jos8L-moIF34IBXyNuA7BDOw2mueY4AAKgREoVe2fO2qJ8gbHyh1Z6E-qvChX1l2dI2X-x-5TQA/s1600/HTML5.jpg

        HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Hypertext Transfer Protocol Security (HTTPS)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwhm3SNnL6EA7EGwcz5kHvke85n-hRmUXGeLOHmfFaU5OqhUXLrG3S2gNlw89LI2GuGEcjKqL1gxUio8ycAY-Ry_FeHzHeQIFXVuIpGB34qu-sSl4_x2BsYnXApkeBxNVD5eEZcZo6_3s/s1600/https.jpg

        HTTPS adalah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS protokol. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet. Biasanya para hacker atau peretas internet yang biasa menggunakan tool WireShak sangat mudah untuk mencuri data dari klien yang terhubung ke internet dengan menggunakan HTTP. Berbeda dengan HTTPS, semua akses akan sangat sulit diproses dan menangkap data oleh para pencuri website.


Kesimpulan
Dalam suatu pengembangan yang berkaitan dengan WEB, terdapat beberapa komponen penting yang harus kita ketahui untuk merancang WEB itu sendiri, salah satunya yang sudah disebutkan diatas yaitu HTTP (Hypertext Transfer Protocol), HTML (Hypertext Markup Language), dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Security) dimana masing-masing mempunyai peran yang sangat penting dalam merancang sebuah WEB. Seperti yang kita ketahui, kualitas dari suatu Website dapat diukur dari konten seperti apa dan konten yang bagaimana yang dia sajikan didalam Websitenya, dan seberapa tangguh dan kebal Websitenya dari para Hacker dan Virus, dan juga seberapa mudah tampilan Websitenya dalam pengaksesan oleh user, karena Website yang baik adalah Website yang bersifat Universal, baik Remaja, Orang Tua, Anak-anak dapat mengakses dan menikmati Web tersebut dengan mudah. Itulah sedikit kesimpulan mengenai Arsitektur WEB.


Sumber : http://www.levi.fyp-kun.com/2015/03/pws-tugas-1-definisi-sejarah-arsitektur.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH EVOLUSI KOMPUTER GENERASI PERTAMA HINGGA GENERASI KELIMA

LAPISAN MASYARAKAT (STRATIFIKASI SOSIAL)

PENGERTIAN, PENYEBAB, DAMPAK & CARA MENANGGULANGI BANJIR